Minggu, 19 Mei 2024

Bupati MFA Hadiri MTQ ke-28 Tingkat Kecamatan Bathin XXIV

BATANGHARI – Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menghadiri acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- 28 tingkat Kecamatan Bathin XXIV, yang berpusat di Desa Simpang Aur Gading, Kabupaten Batanghari. Senin (20/05)

Sebelum di mulai, Camat Bathin XXIV Abdul Kadir membuka secara resmi MTQ tersebut di tandai dengan pemukulan beduk. Pergelaran MTQ ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan terhitung sejak tanggal 20 – 22 Mei 2024 mendatang.

Pada pembukaan MTQ, tampak hadir Ketua DPRD Batanghari Anita Yasmin, Para Asisten Setda, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Para Camat, Para Kades dan Lurah, serta pada tamu undangan lainnya.

MTQ kali ini, ada 10 cabang perlombaan yang dilombakan, diikuti oleh 17 Desa dan Kelurahan yang ada di Bathin XXIV, dengan total peserta sebanyak 564 orang.

Bupati Muhammad Fadhil Arief dalam sambutannya menyampaikan, MTQ ini dapat di jadikan sebagai wahana, sarana media untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari isi kandungan Al-Qur’an.

“Kita jadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup dalam menghadapi pengaruh globalisasi dan digitalisasi saat ini. Apalagi generasi muda anak-anak kita merupakan generasi penerus perjuangan kita di Kabupaten Batanghari dan penerus kita di Kecamatan Bathin XXIV ini,”Katanya.

Ia masih menjelaskan bahwa kegiatan MTQ ini sebagai media yang tepat untuk membentuk dan memperoleh sebagai generasi yang cerdas dan berahklakul karimah, berimah dan bertaqwa.

Dilanjutkan Fadhil Arief, selain MTQ ini dapat dijadikan sebagai media yang tepat untuk membentuk diri menjadi pribadi yang baik, hal ini juga bisa menghasilkan generasi yang cerdas dan berakhlakul Qarimah, manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

“Saya berharap semua pihak dapat bersinergi untuk bersama-sama meningkatkan kualitas proses pembelajaran anak-anak kita, sehingga cita-cita mulia dapat terwujud untuk menjadikan Kabupaten Batanghari bebas dari buta aksara Al Qur’an,”Ucapnya.

Bupati juga berharap nantinya kabupaten Batanghari tidak hanya terbebas buta aksara Al Qur’an tetap juga menjadi kabupaten pencetak generasi muda penghafal Al-Qur’an, hafizh dan Hafizah.

“Saya sangat bangga, sebab peserta MTQ kali ini merupakan putra putri asli dari Desa dan Kelurahan yang ada di masing masing wilayah Bathin XXIV. Dengan begitu, artinya sosialisasi tentang agama, maupun pembelajaran dibidang agama diwilayah Bathin XXIV berjalan dengan baik,”Ujarnya.

Bupati MFA menambahkan, rangkaian yang dilaksanakan di Bathin XXIV ini juga merupakan sebuah ajang seleksi yang perlu didukung bakatnya untuk menuju tingkat perlombaan yang lebih tinggi lagi. Serta sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas peserta, agar lebih optimal lagi.

” Saya mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang besar kepada seluruh panitia dan semua pihak yang mendukung, sehingga terlaksananya MTQ ke-28 tingkat Kecamatan Bathin XXIV ini.”Tutupnya.(Der)