Rabu, 16 Agustus 2023

Paripurna Istimewa DPRD mendengar pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka Penyampaian RAPBN 2024


BATANGHARI - DPRD Kabupaten Batang Hari menggelar Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda mendengar Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Penyampaian RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2024, Rabu, 16 Agustus 2023 di Ruang Rapat Paripurna. Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Batang Hari Anita Yasmin, SE didampingi oleh Wakil Ketua I DPRD Batang Hari M. Jaafar, SH dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Batang Hari Ilhamuddin, S.Pd.I dihadiri Anggota DPRD Batang Hari. Turut hadir Wakil Bupati Batang Hari Bakhtiar, SP, Forkopimda Kabupaten Batang Hari Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa, Kepala BPD se-Kabupaten Batang Hari, serta Pimpinan Ormas, OKP dan Organisasi Profesi.

Dalam Pidato Kenegaraannya, Presiden Jokowi mengusulkan rencana belabnja negara pada RAPBN 2024 sebesar Rp. 3.304,1 Trilyun yang terbagi menjadi dua yaitu belanja untuk pemerintah pusat ditargetkan sebesar Rp.2.446,5 Trilyun dan belanja untuk pemerintah daerah sebesar Rp. 857,6 Trilyun.

Sementara untuk pendapatan negara direncanakan sebesar Rp. 2.781,3 Trilyun sehingga terjadi defisit anggaran sebesar 2,29 % atau sebesar Rp. 522,8 Trilyun.

Disamping itu, Presiden Jokowi juga mengusulkan perbaikan penghasilan berupa kenaikan gaji untuk ASN Pusat dan Daerah/TNI/Polri sebesar 8 persen dan kenaikan untuk Pensiunan sebesar 12 persen dalam RAPBN 2024. Ini merupakan angin segar bagi Pegawai ASN.(Der)