Senin, 16 Oktober 2023

Wakili Bupati Batanghari, Sekda Teken Fakta Integritas Netralitas ASN

KATABERITA.CO.ID.BATANGHARI - Untuk mewujudkan ASN yang netral pada saat pelaksanaan pemilu. Bawaslu Kabupaten Batanghari menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bagi ASN pada pemilu serentak tahun 2024. Dimana kegiatan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari Muhammad Azan, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Batanghari, Camat dan perwakilan ASN.

Ketua Bawaslu Batanghari, Kaspun Nazir mengungkapkan bahwa kerawanan pemilu yang saat ini tengah menjadi isu hangat menjelang pesta demokrasi tahun 2024 yakni berkenan dengan Money Politik dan netralitas ASN.

"Jika kita lihat data pemetaan kerawanan Pemilu tahun 2004 ada beberapa poin yang menjadi isu penting. Terkait netratilas ASN dan politik uang. Kedua poin ini menjadi lima besar dalam kerawanan pemilu," ujarnya Senin (16/10/2023).

Kaspun mengatakan bahwa ASN harus memposisikan diri netral pada saat pesta demokrasi ini. Mengingat tahun 2024, merupakan tahun pertama dilaksanakannya pemilu serentak yang berpotensi terjadinya gesekan sosial ditengah masyarakat.

Maka dari itu kita bersama-sama berkomitmen untuk Pemilu tahun 2024 berjalan dengan baik dan berintegritas," ujarnya.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari Muhammad Azan yang juga menghadiri kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung penuh netralitas ASN saat pemilu.

Pengawasan pemilu partisipasi ini penting dilakukan. Kita dapat memperkuat proses pelaksanaan pemilu ini, ASN dilarang menjadi anggota parpol. Dan tidak memihak ke salah satu saja," ujarnya.

Ia juga mengatakan, apabila ada ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Batanghari yang terbukti tidak netral pad saat pemilu. Pihaknya akan memberikan sanksi, baik sanksi administrasi maupun sanksi lainnya yang sesuai dengan aturan yang ada.(Der)