Senin, 06 Mei 2024

Kabupaten Batanghari Kembali Raih Predikat WTP ke-Sembilan secara Berturut-turut

BATANGHARI – Dibawah kepemimpinan Muhammad Fadhil Arief dan Bakhtiar, Kabupaten Batanghari kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Auditorium Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jambi pada Selasa (07/05).

Untuk diketahui, Predikat WTP atas audit laporan keuangan merupakan untuk yang sembilan kalinya di terima Kabupaten Batanghari secara berturut-turut sejak Tahun 2016 – 2024.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2023, diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jambi Paula Henry Simatupang kepada Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief.

Dimomen tersebut, tampak hadir mendampingi Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, Wakil Ketua II DPRD kabupaten Batanghari Ilhamuddin, Sekretaris Daerah Batanghari M Azan, Inspektur, Kepala BaKeuda, dan OPD terkait lainya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Kabupaten Batanghari meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), hal ini mengacu kepada Undang-undang Nomor 23 tahun 2024 tentang kewajiban menyerahkan LKPD kepada BPK RI Perwakilan Jambi.

Pemeriksaan Atas laporan keuangan pemeritah daerah merupakan bagian tugas konstitusional dari BPK, pemeriksaan ini bertujuan untuk memberikan Opini/tingkat kewajaran informasi laporan keuangan yang di sajikan oleh Pemerintah Daerah.

Dalam pemberian opini BPK meiliki kriteria kesesuai dengan standart akuntansi pemerintahan, Kecukupan, pengungkapan, Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,dan efektifitas Sistim Pengendalian Internal (SPI), ungkap Paula Henry Simatupang.

Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief memberikan apresiasi setinggi-tinggi kepada OPD dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Batanghari beserta jajarannya, yang telah bekerja dengan baik dan tingginya sinergisitas antar semua OPD.

” Hingga Kabupaten Batanghari meraih predikat Opini WTP untuk yang ke-9 kalinya. Semoga dengan perubahan-perubahan yang nyata ini mewujudkan Batanghari Terdepan ,Agamis,Nyaman,Gotong-royong,Bermutu dan Harmonis di masa sekarang dan masa depan,”Tutupnya.(Der)