Senin, 23 Januari 2023

Jumlah TPS Pemilu Serentak 2024 di Batanghari Diperkirakan 930 Tempat


KATABERITA.CO.ID.BATANGHARI - Jelang Pemilihan Umum atau Pemilu serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari saat ini tengah melakukan pemetaan untuk total Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan total TPS tersebut diperkirakan mencapai 930 TPS. Senin (23/01).

Komisioner KPU Kabupaten Batanghari M.Apri mengatakan, pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) disetiap wilayah saat ini tengah dilakukan pemetaan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari.

“Dari hasil sementara yang dikeluarkan oleh Pusat, diperkirakan akan ada 930 TPS yang akan ditempatkan didelapan Kecamatan,”Sebut Apri.

Sementara itu, nantinya data TPS tersebut masih akan diverifikasi oleh Panitia Pendaftaran Pemilih atau Pantarlih, dengan mencocokan jumlah pemilih disetiap TPS.

“Per TPS nantinya minimal akan ada 300 jiwa, apabila nantinya saat pencocokan dan penelitian data pemilih ditemukan jumlah pemilih lebih dari batas maksimal, maka pihak peneyelenggara pemilu akan melakukan pergeseran pemilih ke TPS lain yang jarak tempuhnya tidak jauh dari domisili atau permukiman pemilih tersebut,”Ungkapnya.

Apri menambahkan, upaya pencocokan data pemilih dengan TPS ini sebagai bentuk untuk mensinkronkan data dari Pemerintah Pusat dengan fakta dilapangan guna meminimalisir konflik saat pelaksanaan Pemilu berlangsung.

“Jumlah TPS yang sementara dikeluarkan Pusat ini juga terbilang meningkat jika dibandingkan dengan jumlah TPS pada Pemilu 2019 lalu, yang hanya berjumlah 915 TPS,”Tutupnya.(Der)