Rabu, 27 Maret 2024

Pemkab Batanghari Gelar Musrenbang RKPD 2025

BATANGHARI - Pemerintah Kabupaten Batanghari, Jambi, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Bupati Kabupaten Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengatakan, kegiatan ini dalam rangka percepatan pembangunan dan menjaga konsistensi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan mengacu kepada arahan kebijakan dan tujuan jangka menengah yang telah ditetapkan. Maka ditetapkan tema tahapan pembangunan tahunan yang nantinya akan jabarkan lebih lanjut RKPD, Rabu.

"Tema ditetapkan dengan mempertimbangkan tahapan pembangunan, pencapaian tujuan dan sasaran strategis masing-masing misi serta kebutuhan pendanaan dan mobilisasi sumberdaya yang diperlukan. Adapun Tema rencana kerja pemerintah daerah yang diangkat untuk Tahun 2025 yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan publik," kata bupati.

Untuk mempercepat akselerasi pelaksanaan Visi dan Misi yang ditetapkan dalam RPJMD, pada tahun 2025 fokus pembangunan masih mengutamakan, penyelesaian dan keberlanjutan dari 36 program prioritas yang menjadi arah kebijakan pembangunan daerah.

Selain 36 program prioritas, terdapat beberapa kebijakan pemerintah pusat yang harus kita laksanakan diantaranya, Pengendalian Inflasi di Daerah, Penurunan Kemiskinan Ekstrim dengan target 0 persen pada 2025, penurunan angka Stunting menuju 14 persen, serta sukses pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2024.

Selain itu, tentunya pelaksanaan Kebijakan-kebijakan tersebut harus didukung dengan program-program yang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Dalam hal ini juga, selain program infrastruktur yang akan ditingkatkan, program pendidikan dan kesehatan juga merupakan prioritas pemerintah.

"Diharapkan dengan dilaksanakannya Musrenbang ini dapat menjadi sarana dan forum semua pihak terutama bagi

kita sebagai pemangku kepentingan dalam menentukan prioritas kebijakan pembangunan daerah serta berfungsi sebagai bentuk komunikasi dalam mencapai kesepakatan," kata dia.

Dengan demikian, ia mengharapkan kepada semua yang hadir pada pada Musrenbang, untuk dapat membahas rancangan RKPD kabupaten Batanghari Tahun 2025, guna menyepakati permasalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, Indikator dan target kinerja.

"Penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi prioritaskan usulan tahun anggaran 2025, sehingga azas manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Batanghari yang sama-sama kita cintai ini," kata dia.(Der)